Bangun Sistem Informasi Berkeadaban Diskominfo Laksanakan Forum Perangkat Daerah

CIBINONG- Guna terwujudnya Pancakarsa Kabupaten Bogor. Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bogor, laksanakan Forum Perangkat Daerah. Hal itu dilakukan untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam kegiatan penyusunan rencana kerja Perangkat Daerah (PD) menuju Kabupaten Bogor termaju, nyaman dan berkeadaban berbasis Teknologi Informatika, Selasa (12/1).

Kepala Diskominfo Kabupaten Bogor, Wawan Munawar Sidik mengatakan, forum perangkat daerah dilakukan untuk melaksanakan teras pancakarsa. Melalui penyusunan Rencana Kerja (Renja) perangkat daerah tahun 2020.

“Kegiatan ini untuk menyelaraskan pelaksanaan urusan Pemkab Bogor. Dengan berbagai kegiatan prioritas unggulan pancakarsa. Yakni, Bogor cerdas, sehat, maju, pembangunan dan berkeadaban. Diharapkan melalui forum ini dapat menghasilkan rumusan program kegiatan yang benar-benar dapat mendukung terwujudnya, Kabupaten Bogor termaju, nyaman dan berkeadaban,” tegas Wawan.

Ditempat yang sama, Kasubdit Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Daerah, Kemenkominfo RI, Hasyim Gautama menuturkan, untuk menciptakan sistem informasi berkeadaban. Pemkab Bogor memiliki tugas cukup berat selain menyediakan keamanan sistem, SDM IT profesional. Juga harus menciptakan literasi digital (pengguna) media sosial, warganet yang santun dan cerdas.

“Perkembangan IT ini memiliki resiko untuk itu dibutuhkan literasi digital bagi pengguna. Juga keamanan sistem yang aman dan tidak mudah dijebol. Perlu menyiapkan konten berintegrasi mulai dari PD, Kecamatan hingga desa. Forum ini sangat penting untuk mengoptimalkan perencanaan dalam mewujudkan sistem IT yang canggih dan berkeadaban melalui program Smart City,” katanya.

Sementara itu, Kabid Aplika Informatika Diskominfo Prov Jabar, Herry Pasya Sumbada menjelaskan, berdasarkan Perpres Nomor 95/2018 tentang kebijakan pembangunan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di instansi pusat dan Pemerintah Daerah. SPBE merupakan penyelenggaraan pemerintah yang memanfaatkan teknologi informatika dalam memberikan pelayanan kepada masyrakat.

“SPBE sangat penting untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel. Selain itu, juga untuk meningkatkan efisiensi dan keterpaduan dalam memberikan pelayanan Informasi Teknologi kepada masyarakat. Ini sejalan dengan rencana Pemkab Bogor dalam menciptakan Sistem Informasi berkeadaban melalui program Smart City,” tuturnya.

Salah satu, peserta Forum Perangkat Daerah, Sekeretaris Dinkes Kabupaten Bogor, Erwin Suriana mengakui, sangat mendukung rencana program Sistem Informasi berkeadaban melalui program smart city.

“Untuk mendukung Pemkab Bogor menjadi Kabupaten Smart City dengan sistem informasi berkeadaban. Kami telah menerapkan sistem informasi rujukan, jika ada masyarakat yang sakit. Kita bisa langsung lihat penyediaan kamar pasien yang kosong secara online,” ujar Erwin.

Hal yang sama diungkapkan, Camat Cibinong Bambang Tawakal, pihaknya berharap smart city bisa segera diterapkan di Kabupaten Bogor. Terlebih wilayah Cibinong, telah memiliki fiber optik, dan intranet.

“Sehingga kami bisa maksimalkan sarana yang ada, kami juga berharap Cibinong bisa memiliki banyak media informasi digital (videotron). Untuk mendukung terwujudnya Kabupaten Bogor smart city,” tukas Bambang.

Untuk diketahui, dalam kegiatan ini juga dilaksanakan penandatanganan kesepakatan bersama. Antara Diskominfo Kabupaten Bogor, Orari, Rapi, dan sejumlah Perangkat Daerah lainnya. (Dewi/Diskominfo Kabupaten Bogor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *