Optimalisasi Pengelolaan Keterbukaan Informasi Pemkab Tapin Kunjungi Diskominfo Kabupaten Bogor

CIBINONG- DPRD dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tapi Sumatera Selatan kunjungi Diskominfo Kabupaten Bogor lakukan studi banding. Mengenai optimalisasi pengelolaan dan penyelenggaraan keterbukaan, penyebarluasan informasi dan e-government melalui teknologi informatika di Kabupaten Bogor, rabu (14/18).

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Tapin, Fadely menuturkan, baru terbentuknya Diskominfo Kabupaten Tapin selama satu tahun. Untuk itu penajaman program dan kegiatan perlu dilakukan secara profesional guna menyelaraskan penganggaran dana sesuai kebutuhan. Oleh karena itu, study banding dilakukan untuk meningkatkan pemahaman dan kinerja Pemkab Tapin dalam merencanakan dan mengelola penyelenggaraan keterbukaan, penyebarluasan informasi dan e-government sesuai yang dibutuhkan masyarakat.

“Ini lebih pada sharing informasi sejauhmana perkembangan program dan kegiatan yang berkaitan dengan teknologi informatika di Kabupaten Bogor. Kami berharap dengan ilmu yang di dapat ini, kita bisa mengembangkan, menerapkan dan melaksanakan sistem pengelolaan teknologi informatika di Kabupaten Tapin. Serta dapat mempermudah kami dalam hal penganggaran dananya,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kabupaten Tapin HM. Tamberin mengatakan, selain segudang prestasi yang diraih Diskominfo Kabupaten Bogor, juga sejumlah program inovatif yang dilakukan menjadi salah satu alasan pihaknya melakukan sharing ke Diskominfo Kabupaten Bogor.

“Dengan luasnya wilayah Kabupaten Bogor tetapi Diskominfo mampu mengoneksikan jaringan intranet hingga pelosok desa se-Kabupaten Bogor. Ini menjadi tantangan kami untuk segera melakukan hal yang sama, karena di Kabupaten Tapin belum ada koneksi jaringan intranet baik ke OPD maupun Kecamatan,” tegasnya.

Ditempat yang sama, Kabid Pengelolaan E-Government Diskominfo Kabupaten Bogor, Ernaningsih menuturkan, pihaknya sangat mengapresiasi atas kepercayaan yang diberikan jajaran DPRD dan Diskominfo Pemkab Tapin kepada Diskominfo Kabupaten Bogor. Tentunya kegiatan itu, selain dapat meningkatkan kerjasama antara Pemkab Bogor dengan Pemkab Tapin. Juga mampu meningkatkan sinergitas untuk sama-sama meningkatkan kinerja dalam melayani informasi kepada masyarakat.

 “Kita sama-sama belajar, bagaimana pun kami masih jauh dari kata sempurna. Harapan kami pertemuan ini bisa dilanjutkan dengan kerjasama, untuk saling mendorong kemajuan daerah masing-masing khusnya menciptakan Kabupaten Smart City,” tukas Erna. (Dewi/Deri/Diskominfo Kabupaten Bogor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *