Pelayanan RW dan Desa Online Dengan Aplikasi Sapa Warga

CIBINONG- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bogor, bekali Kepala Desa dan RW Se-Kabupaten Bogor, cara terapkan aplikasi Sapawarga, di Aula Diskominfo Kabupaten Bogor, Kamis (26/9). Hal itu dilakukan untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat, menuju Desa Digital dengan pelayanan online berbasis teknilogi.

Kepala Bidang E-Government Dinas Kominfo Kabupaten Bogor, Ernaningsih mengatakan, Sapa Warga merupakan program yang telah disediakan oleh pihak Provinsi, yang dapat digunakan secara optimal oleh perangkat desa dan masyarakat.
Aplikasi Sapa Warga bertujuan memberikan aksesibilitas kemudahan dan kecepatan dalam memperoleh informasi pelayanan publik dan menjamin keakuratan. Sapa warga merupakan terobosan untuk mendukung desa digital.

“Aplikasi menjadi salah satu perangkat penting dalam era industry 4.0 seperti saat ini. Aplikasi Sapa Warga menjadi solusi, dalam memberikan pelayanan yang mudah, cepat, dan tepat. Kami berharap seluruh perangkat desa termasuk masyarakat dapat memanfaatkan secara optimal aplikasi – aplikasi yang telah disediakan oleh pemerintah agar masyarakat dapat mendapatkan pelayanan optimal, Serta lebih cerdas dalam memilah informasi dengan baik,” tegas Erna.
Sementara itu, Operator Aplikasi Sapa Warga Diskominfo Kabupaten Bogor, Syarif menerangkan, Sapawarga adalah aplikasi yang dapat mempermudah warga dalam menyampaikan aspirasi, mendapatkan informasi, serta mendapatkan layanan publik. Terdiri dari, E-Samsat yang terintegrasi dengan tokopedia, bukalapak, tokopedia, dan sambara. Perizinan online, mengurus administrasi seperti, KTP, KK, Akte Kelahiran dan lainnya. Nomor penting, informasi harga kebutuhan pokok sehari-hari, hingga menyampaikan ide dan aspirasi.

“Nantinya setiap smartphone yang dipegang pengurus RW akan disematkan aplikasi ‘Sapa Warga’ yang berfungsi sebagai layanan publik, informasi dan pengaduan. Ini sebagai layanan publik, di dalamnya nanti akan berisi konten tentang perizinan. Ada juga konten tentang e-samsat, ada juga tentang berita info lelang dan sebagainya,” Syarif menjelaskan.
Ditempat yang sama, salah satu RW Desa Tarikolot, Seulaemi mengakui, pihaknya sangat mengapresiasi aplikasi Sapa Warga yang dipromotor oleh Pemerintah Jawa Barat. Selain dapat meningkatkan kinerja para RW dan Pemerintah Desa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, itu juga dapat mempermudah masayrakat.

“Ini akan kami terapkan, sangat membantu kami dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Ada E-Samsat ini tentunya memudahkan warga kami untuk taat pajak,” imbuhnya. (Dewi/Diskominfo Kabupaten Bogor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: