Peringati HKN ke-54, Pemkab Bogor Ajak Warga Terapkan Gaya Hidup Sehat

Cibinong – Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Kesehatan memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 Tahun 2018 yang mengangkat tema “Aku Cinta Sehat” dengan subtema Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita” bertempat di Stadion Pakansari, Kecamatan Cibinong, Minggu (8/11/2018).

Kegiatan yang disertai dengan senam bersama tersebut, dihadiri perwakilan Puskesmas dan RSUD di Kabupaten Bogor. Acara tersebut dibuka oleh Bupati Bogor, Hj. Nurhayanti didampingi Sekda Kabupaten Bogor Adang Suptandar, Para Direktur RSUD dan beberapa Kepala SKPD yang turut hadir.

Nurhayanti mengatakan, peringatan HKN merupakan momentum yang tepat untuk bermuhasabah, sejauh mana keberhasilan pembangunan kesehatan yang telah dilaksanakan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, termasuk dalam upaya mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang merupakan program nasional sebagaimana tertuang dalam Inpres No.1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

Selain itu, Nurhayanti juga menyampaikan apresiasi dan rasa bangga atas kinerja insan – insan kesehatan Kabupaten Bogor dalam mengedukasi dan menolong masyarakat agar hidup sehat bahkan hingga di pelosok desa yang terpencil.

“Teruslah berjuang meningkatkan aksesibilitas dan kualitas penyelenggaraan pelayanan kesehatan dalam rangka meningkatkan harapan hidup masyarakat serta melembagakan kebiasaan hidup bersih dan sehat di semua tataran sosial dengan semangat memandirikan dan memberdayakan masyarakat dalam pencapaian derajat kesehatan yang setinggi – tingginya,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini juga, Hj. Nurhayanti menyerahkan secara simbolis kunci sepeda motor trail dan mobil ambulans serta SK penetapan 19 Puskesmas Badan Layanan Umum Daerah dan Sertifikat Akreditasi bagi 4 RSUD, 6 Rumah Sakit swasta dan 20 Puskesmas.

Berkaitan dengan sertifikat akreditasi, Nurhayanti menuturkan bahwa sampai dengan tahun 2018 sudah 40 puskesmas kecamatan terakreditasi atau 100% dari target renstra, yaitu tiap kecamatan satu puskesmas terakreditasi, ditambah 10 puskesmas lainnya dari beberapa kecamatan, sehingga total 50 puskesmas terakreditasi atau 49,50% dari total 101 puskesmas yang ada di seluruh Kabupaten Bogor.

“Saya berharap dengan diterimanya predikat BLUD dan sertifikat akreditasi ini, Rumah Sakit dan Puskesmas yang bersangkutan lebih profesional dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat tanpa pandang bulu, baik dari masyarakat kelas atas, menengah maupun yang kurang mampu, apalagi dengan adanya dukungan program JKN BPJS,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Tri Wahyu Harini menuturkan, untuk mewujudkan masyarakat hidup sehat dimulai dari diri sendiri dengan tindakan membangun kesadaran,kemauan dan kemampuan berprilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup dan produktivitas bangsa.

“Dengan Hari Kesehatan Nasional ke-54 ini kita mengajak komponen masyarakat menerapkan pola hidup sehat dengan mendedikasikan hari harinya untuk pembagunan kesehatan yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari – hari ditengah masyarakat untuk memperkuat pembangunan kesehatan, dengan lingkungan yang sehat maka hidup kita akan lebih sehat,” tuturnya. (Agung/Ocky/Diko / Diskominfo Kabupaten Bogor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *