Rumuskan Masterplan Smart City Menuju Kabupaten Bogor Cerdas

CIBINONG- Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bogor, terus berupaya mewujudkan program Smart City di Kabupaten Bogor.  Salah satunya melalui perumusan masterplan Smart City tahap ke IV, di aula Diskominfo Kabupaten Bogor, (31/10).

Kabid E-Government Diskominfo Kabupaten Bogor, Ernaningsih mengatakan, perumusan masterplan dilakukan dalam rangka implementasi program gerakan 100  smart city tingkat nasional Kemenkominfo RI. Dari 100 Kota/Kabupaten Se-Indonesia, Kabupaten Bogor terpilih menjadi daerah Smart City.

“Perumusan masterplan ini merupakan tahapan ke empat (terakhir) bimtek smart city.  Yang harus dilakukan dengan bekerjasama, untuk menghasilkan berbagai program kegiatan yang sesuai dengan potensi dan keunggulan di wilayah dan PD masing-masing,”  tegas Erna.

Menurutnya, untuk mewujudkan smart city diperlukan kerjasama dan sinergitas semua pihak. Karena nantinya Kabupaten Bogor akan dijadikan kasawasan percontohan Smart City untuk daerah lain di Indonesia.

“Melalui perumusan ini, mereka akan menampilkan inovasi yang dapat didukung dan mendorong terwujudnya Smart City di Kabupaten Bogor. Nantinya akan tepat sasaran, dan smart city dapat diwujudkan dengan maksimal,” ujarnya.

Sementara itu, Kasi Pengelola Tata Kelola E-Government Diskominfo Kabupaten Bogor, Marjati menambahkan, perumusan masterplan Smart City didasarkan pada analisa masa depan yakni pada potensi, kondisi dan aspek pertumbuhan ekonomi daerah.  Konsep Smart City yang akan dilakukan yakni mulai dari smart governance, smart branding, smart living, smart society, smart environment, dan smart economy.

“Untuk itu, perlu perumusan masterplan untuk menampung berbagai inovasi daerah sesuai kategori dan konsep yang sudah ditentukan. Sehingga Smart City ini bisa mengembangkan seluruh aspek dan berdampak pada kesejahteraan masyarakat,” Mar menjelaskan.

Katanya melanjutkan, Smart Environment terdiri dari, Pencanangan Geopark Pongkor

Pembangunan Bogor Green and Clean, Pembangunan Bank sampah, Penanganan kawasan kumuh Perkotaan dan Penataan ibu kota Cibinong. Smart Branding Penataan Kawasan Pakansari dan fasilitas Olah raga lainnya, Revitalisasi website kabupaten Bogor, Festival budaya daerah, Festival angklung, Festival Kaulinan Urang lembur

Serta Festival Pencak Silat.

“Untuk Smart Society salah satunya Launching Kartu Bogor Sehat. Smart Living salah satunya pembangunan Islamic center, launching shuttle bus untuk lansia dan difabel. Sedangkan Smart Governance salah satunya peresmian UPT Disdukcapil,” tukasnya.

Sementara itu, salah satu peserta perumusan masterplan Kecamatan Cijeruk, Afika mengapresiasi kegiatan tersebut, selain dapat mengembangkan potensi daerah juga dapat membantu masyarakat melek Teknologi Informatika.

“Ini sangat membantu kami, rencananya kita akan mengembangkan Smart Environmet. Kami berharap ini bisa mewujudkan Kabupaten Bogor menjadi daerah Smart City seperti yang diharapkan seluruh masyarakat,” imbuh Fika. (Dewi/Diskominfo Kabupaten Bogor)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *