Masyarakat Harus Lebih Cerdas Gunakan Internet

Tangerang, Kominfo – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan konten masih menjadi keresahan di masyarakat terutama konten teknologi informasi. Hal tersebut disampaikan pada acara peluncuran buku Psikologi dan Teknologi Informasi di Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang (24/01/2017).

Rudiantara mengatakan perkembangan teknologi melalui media sosial sulit untuk dikendalikan, berbeda dengan radio, televisi dan media cetak. “Pemerintah masih belum bisa menyelesaikan masalah konten karena masyarakat sendiri yang membuat konten itu”, jelasnya. Lebih lanjut Rudiantara menjelaskan pembuat konten dari media sosial adalah masyarakat, sehingga selain melakukan pemblokiran pemerintah juga mulai menggunakan pendekatan dengan komunitas, masyarakat atau kelompok-kelompok pengguna TI. “Kita harus menyelesaikan masalah konten dengan pendekatan ke masyarakat agar bisa lebih cerdas dalam berinternet”, jelasnya.

Rudiantara menegaskan nantinya pada tahun 2019 seluruh kabupaten kota madya akan terhubung dengan jaringan fiber optik sehingga semua masyarakat dapat menikmati internet dengan cepat dan terjangkau. “Makanya masyarakat ini harus diberikan edukasi bagaimana menggunakan internet dengan cerdas”, tegas Rudiantara.

Pada acara tersebut dilaksanakan juga penandatanganan deklarasi Cerdas Berinternet oleh Menkominfo bersama dengan Ketua HIMPSI, KPAI, KSP dan Rektor Universitas Multimedia Nusantara. Deklarasi Cerdas Berinternet ini dilakukan sebagai bentuk upaya menjadikan individu yang memiliki kecerdasan berinternet yang tinggi. (RPS).

Sumber : Kominfo