Pemerintah Fokus Kembangkan Infrastruktur TIK Ekonomi Digital

Tangerang, Kominfo- Pemerintah akan fokus mengembangkan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara hal itu sejalan dengan upaya pengembangan ekonomi digital Indonesia. “Ekonomi Digital Indonesia memiliki tujuan jelas. Dimana beberapa isu penting pada peta e-commerce seperti sumber daya manusia, funding, perlindungan konsumen, pajak, logistik, keamanan siber, payment dan infrastruktur TIK menjadi fokus,” jelasnya dalam Konferensi IME 2017: Aspire to Inspire yang digelar British School Bintaro Tangerang, Banten, Jumat (15/o9/2017) malam.

Dalam Sesi “Governmental Official”, Menteri Kominfo bersama Wakil Gubernur DKI terpilih Sandiaga Uno memngupas berbagai aspek soal ekonomi digital dan kebijakan. Menteri Rudiantara menceritakan kunjungan kerjanya ke Beijing beberapa waktu yang lalu ketika bertemu dengan Jack Ma, Termasuk ketika Jack Ma didaulat menjadi penasehat e-commerce Indonesia.

“Indonesia membutuhkan investor, maka Jack Ma sebagai penasehat e-commerce Indonesia bisa menjadi ‘mouth’ untuk menarik investor. Jack Ma akan menjadi guru bagi Indonesia untuk mengembangkan ekonomi digital,” ungkapnya.

Sementara itu, Sandiaga Uno menilai saat ini terjadi evolusi dan revolusi di dunia digital Indonesia. “Ekonomi digital ada dimana-mana, saat ini kita bicara soal ‘connected’ melalui teknologi. Jika kita fokus pada data dan digitalisasi maka akan mempermudah hidup kita,” ujarnya.
Bagi Sandiaga, hal yang akan berkembang menurutnya sebagai pengambil kebijakan adalah implementasi big data. “Saat ini kita bicara mengenai big data dan setiap kebijakan yang dibuat didasarkan atas data. Ketika membuat kebijakan kita akan berdasar pada data contohnya untuk kemacetan, safety buat pengemudi. Kebijakan dari pemerintah untuk smart living, smart environment dan smart economy,” paparnya. (VE)

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *