Pemkab Bogor Peringati Nuzulul Qur’an dengan Buka Puasa dan Taraweh Bersama Warga

Kemang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melaksanakan buka puasa dan taraweh bersama dalam rangka peringatan Nuzulul Qur’an 1439 H/2018 yang bertempat di Masjid Besar At – Taqwa Lanud Atang Sanjaya, Kemang, Kabupaten Bogor, pada Rabu (30/5).

Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Bogor, Hj. Nurhayanti, jajaran Forkopinda, tokoh agama dan juga tokoh masyarakat di Kabupaten Bogor serta Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan beserta jajarannya yang sedang melaksanakan kegiatan Safari Ramadhan di Kabupaten Bogor.

Dalam sambutannya, Nurhayanti mengucapkan selamat datang kepada Gubernur Jawa Barat beserta jajarannya disertai ucapan terimakasih atas dipilihnya Kabupaten Bogor sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan safari ramadhan kali ini.

“Kami bersyukur atas diselenggarakannya kegiatan safari ramadhan dan tarawih keliling kali ini, mengingat potensinya dapat menguatkan ikatan sambung rasa antara Gubernur Jawa Barat beserta jajarannya dengan Bupati beserta berbagai elemen masyarakat yang ada di lingkup Kabupaten Bogor, “ jelasnya.

Menurut Bupati Bogor, Hj. Nurhayanti peringatan Nuzulul Quran pada dasarnya merupakan momentum pengingat bagi umat islam merenungkan kembali, sejauh mana kita mampu mendekatkan diri dengan Al-Quran, membaca dan menghafalnya serta mengali nilai-nilainya untuk dijadikan pedoman utama dalam kehidupan sehari hari.

“Melalui upaya mengkaji kedekatan kita dengan kitabullah Al-Qur’anul Karim, kita berkesempatan mengalami kebangkitan spritual untuk senantiasa menjadikan Al- Qur’an sebagai referensi utama dalam menyikapi setiap tantangan kehidupan, sehingga secara keseluruhan insyaallah hidup kita akan selamat, maslahat dan bermanfaat bagi umat,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan bahwa tujuan diadakannya safari Ramadan adalah untuk meningkatkan hubungan antar pejabat dengan masyarakat. Di zaman yang terbuka seperti sekarang, Aher melanjutkan, diharapkan tidak ada jarak. “Oleh karena itu, safari Ramadan juga diharapkan secara umum dapat membentuk warga Jawa Barat menjadi manusia bersama,“ jelasnya.

Ia juga berharap, momen seperti ini hendaknya dimaknai sebagai momentum untuk menguatkan kembali spirit jiwa umat islam, penyemangat dan pemersatu umat islam, bahwa Al-Qur’an merupakan pedoman dasar umat islam yang harus diamalkan secara kaffah dalam kehidupan sehari hari dan pancasila adalah benteng nilai kehidupan yang rukun, damai dan saling menghargai, dengan karakter berbangsa yang kuat dan teguh bersatu.

“Al-Quran juga menjadi kata kunci yang sangat penting dalam berkomunikasi dengan Allah Subhanahu Wata’ala, alam semesta dan sesama manusia serta menjadi sumber ketaqwaan dalam meraih kualitas spritual,” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Bogor menyerahkan bantuan sarana keagamaan sebesar 7.500.000 kepada DKM Masjid Besar At – Taqwa Lanud Atang Sanjaya serta diberikan dana bantuan fisabililah dan fakir miskin safari ramadhan dari Provinsi Jawa Barat sebesar 50.000.000 yang secara simbolis diterima oleh Kabag Kesra Kabupaten Bogor. (Agung/Diko / Diskominfo Kabupaten Bogor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: