Tim Penilai Innovative Government Award Kunjungi Pemkab Bogor

Cibinong – Masuknya Pemerintah Kabupaten Bogor dalam nominasi Pemerintah Daerah Inovatif / Innovative Government Award tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia sudah memasuki tahap fact finding dimana tim penilai dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia mengunjungi Kabupaten Bogor untuk melihat sistem inovasi yang ada, salah satunya mengunjungi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bogor guna melihat secara langsung inovasi Laras Online pada Rabu (8/11).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bogor Wawan Munawar Sidiq menerima secara langsung kedatangan tim penilai dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia di ruang rapat Kepala Dinas.

Dalam paparannya, orang nomer satu di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bogor tersebut mengatakan inovasi laras online dibangun untuk memenuhi hak bertanya masyarakat dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, termasuk dalam mempermudah penyelenggaraan pemerintah dan pelayanan kepada masyarakat.

“salah satu pelayanan kepada masyarakat adalah memenuhi hal tersebut, lembaga pemerintahan menyediakan layanan pengaduan masyarakat. Pemerintah Kabupaten Bogor juga menyelenggarakan sistem pengaduan masyarakat berbasis teknologi informasi yang disebut laras online,” jelasnya.

Sementara itu, Marjati selaku kepala seksi layanan tata kelola e-government menjelaskan LARAS (Layanan Resmi Aspirasi) Online adalah salah satu situs e-government milik Kabupaten Kota Bogor yang dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan pelaksanaan e-government dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“laras online dibentuk dengan tujuan untuk memudahkan menyuarakan aspirasi masyarakat untuk kinerja kabupaten Bogor, tak hanya dalam bentuk online melainkan sms center juga bisa digunakan dimana aspirasi yang bisa di salurkan berupa kritik, saran atau pengaduan”, jelasnya.

Dalam kunjungan tersebut juga dilakukan simulasi bagaimana langkah-langkah untuk memberi pengaduan di website laras online dihadapan tim penilai Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dari mulai membuka website, mendaftarkan diri, login, mengisi pengaduan hingga mendapatkan respon dari pengaduan tersebut.

Selain mengunjungi Dinas Komunikasi dan Informatika , tim penilai dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia juga mengunjungi Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu serta Bappedalitbang Kabupaten Bogor guna melihat inovasi yang ada di dinas terkait. (Agung / Diskominfo Kab. Bogor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *