Pemkab Bogor Gelar Festival Budaya Daerah

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat menggelar festival budaya daerah atau Helaran, sebagai ajang meningkatkan industri pariwisata di Kabupaten Bogor dan dalam upaya melestarikan seni dan budaya bangsa yang diikuti oleh 40 Kecamatan se-Kabupaten Bogor. Dalam kesempatan tersebut Bupati Bogor, Hj. Nurhayanti berkesempatan membuka acara festival budaya, bertempat di sekitaran lapangan tegar beriman, cibinong pada sabtu (17/11).

Dalam laporannya Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor, Rahmat sujana mengungkapkan festival budaya Kabupaten Bogor pada tahun ini sedikit berbeda karena melibatkan forum kebangsaan untuk mebuktikan kondusivitas Kabupaten Bogor, karena bila kondisi aman dan damai setiap tahunnya pariwisata Kabupaten Bogor akan selalu meningkat.

“Diharapkan setiap tahunnya industri pariwisata di Kabupaten Bogor selalu meningkat,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Bogor mengatakan gelaran seni budaya daerah atau helaran yang diselenggarakan secara rutin setiap tahun, pada dasarnya dimaksudkan untuk merepresentasikan wajah Kabupaten Bogor sebagai daerah yang strategis dengan kekayaan alam yang berkembang dengan baik serta didukung oleh keragaman seni budaya daerah yang unik, sehingga potensial menjadi destinasi wisata yang unggul dan berdaya saing jawa barat.

“Melalui kegiatan helaran, keragaman seni budaya Kabupaten Bogor terpelihara dengan baik, sebagaimana ditandai oleh aktivitas berbagai sanggar, lingkung seni dan padepokan yang terus berupaya melestarikan dan mengembangkan seni budaya daerah di bawa binaan Pemerintah Kabupaten Bogor melalui dinas kebudayaan dan pariwisata,” ungkapnya.

Nurhayanti juga mengatakan mengingat ditengah derasnya arus informasi global dan dinamika masyarakat yang sangat majemuk, keberadaan budaya lokal mendapat tanyangan yang cukup berat untuk bertahan dan bertumbuh secara optimal, sehingga perlu dilakukan berbagai program pengembangan secara intensif, berkesinambungan dan berkelanjutan.

“Tidak saja demi kepentingan pelestariannya dan membentengi ketahanan moral masyarakat, akan tetapi juga dalam rangka memberikan ruang kreativitas bagi para seniman dan budayawan untuk mengekspresikan kemampuannya dalam berkesenian,” imbuhnya.

Bupati Bogor juga berharap bagaimana potensi seni dan budaya bisa mengakar dalam kehidupan masyarakat Kabupaten Bogor, tidak saja dalam pemaknaan filosofisnya sebagai indentitas daerah, akan tetapi juha kaitannya dengan penguatan peran seluruh stakeholder pembangunan agar terlibat secara aktif dalam kegiatan-kegiayan yang berdimensi seni dan budaya. (Andi/Diskominfo Kab.Bogor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *