CIBINONG- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten lakukan sosialisasi pemanfaatan Data Center Kabupaten Bogor serta melakukan pengenalan dan implementasi ClouDisk sebagai solusi penyimpanan data berbasis cloud yang dikelola oleh Diskominfo Kabupaten Bogor. Sosialisasi disampaikan langsung kepada seluruh Sekretaris Dinas lingkup Pemerintah Kabupaten Bogor, yang berlangsung di Aula Diskominfo Kabupaten Bogor, Kamis (19/9/24).

Kepala Diskominfo Kabupaten Bogor, Bayu Ramawanto menjelaskan, melalui kegiatan hari ini pihaknya mengajak seluruh Perangkat Daerah yang memiliki server atau aplikasi untuk memindahkannya ke Diskominfo demi keamanan baik dari sisi infrastruktur maupun aplikasi yang dimiliki perangkat daerah sehingga dapat meminimalisir adanya serangan siber. Upaya ini juga sebagai salah satu implementasi pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kabupaten Bogor.

Menurutnya, Data Center ini dibangun dengan teknologi terkini dan kapasitas penyimpanan yang besar, serta dirancang untuk memenuhi kebutuhan akan infrastruktur digital dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik.

“Dengan pemanfaatan Data Center ini merupakan langkah maju dalam mewujudkan pemerintahan yang berbasis digital. Kami berharap dapat meningkatkan efisiensi pelayanan publik, mempermudah akses informasi bagi masyarakat, serta memperkuat tata kelola pemerintahan yang baik,”. imbuhnya. (Tim Komunikasi Publik/ Diskominfo Kabupaten Bogor)