Cijeruk – Dalam upaya meningkatkan kualitas informasi publik dan transparansi pemerintahan, Diskominfo Kabupaten Bogor menyelenggarakan Bimtek pengelolaan website kecamatan dan desa di Kantor Kecamatan Cijeruk. Kegiatan dibuka oleh sekretaris Kecamatan Cijeruk Bpk. Isra Purnama Nairan, SH. Dalam amanatnya disampaikan bahwa keberadaan website oficial baik kecamatan maupun desa sangat penting untuk mempromosikan berbagai potensi wisata yang ada di wilayah kecamatan Cijeruk.

Kegiatan yang diikuti oleh para operator website dari berbagai desa di Kecamatan Cijeruk ini menghadirkan narasumber dari Diskominfo Kabupaten Bogor, dari bidang Aplikasi Informatika yang kompeten di bidang pengelolaan website. Operator Website Desa yang hadir pada kegiatan bimtek tersebut, yaitu dari Desa Cibalung, Desa Cijeruk, Desa Cipelang, Desa Cipicung, Desa Palasari, Desa Sukaharja, Desa Tajur Halang, Desa Tanjung Sari, dan Desa Warung Menteng.

A group of people sitting at a table with laptops

Description automatically generated
 

Dalam bimtek ini, peserta diberikan materi mengenai berbagai aspek pengelolaan website, mulai dari optimasi tampilan, pengelolaan konten, hingga keamanan website. Selain itu, peserta juga diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan bertukar pengalaman dengan narasumber dan peserta lainnya.

A group of people sitting around a table

Description automatically generated
Pada Kesempatan tersebut Ketua Tim Pengembangan Aplikasi Diskominfo Kabupaten Bogor sebagai narasumber, Bpk. Muhidin Susanto, S.Kom, M.Si. menyampaikan pentingnya peran website dalam memberikan informasi kepada  masyarakat. “Website kecamatan dan desa harus menjadi sarana yang mudah diakses oleh masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan,” ujarnya.

A group of people sitting at tables with laptops

Description automatically generated
 

Bimtek pengelolaan website kecamatan dan desa yang digelar di Kantor Kecamatan Cijeruk merupakan langkah nyata dalam mewujudkan desa cerdas. Dengan pengelolaan website yang baik, informasi mengenai potensi desa, program pembangunan, dan pelayanan publik dapat disampaikan secara efektif kepada masyarakat. Melalui bimtek ini, diharapkan para pengelola website dapat meningkatkan kemampuannya dalam mengelola website sehingga website desa menjadi lebih menarik, informatif, dan mudah dinavigasi.