CIBINONG-Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bogor lakukan pengajian rutin Ramadhan, seluruh jajaran pegawai, larut dalam susasana ibadah yang diselenggarakan di Aula Diskominfo Kabupaten Bogor, Cibinong, Senin (11/4/22). Pengajian yang diisi dengan tausiyah ini, merupakan agenda rutin yang dilaksanakan Diskominfo dalam meningkatkan iman dan takwa serta kesalehan sosial para pegawai.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Bogor, Bayu Ramawanto mengatakan, kegiatan pengajian ini sudah menjadi rutinitas Diskominfo setiap bulan Ramadhan. Hari ini adalah yang pertama kali dan akan dilaksanakan selama 10 hari kedepan hingga 25 April 2022 mendatang, setiap pagi sebelum para pegawai memulai aktifitas pelayanan seperti biasanya.

“Alhamdulilah hari ini kita masih diberikan kesempatan menikmati bulan Ramadhan, meningkatkan dan memaksimalkan spiritual di bulan Ramadhan ini sangat penting, terutama bagi seluruh pegawai Diskominfo Kabupaten Bogor, agar lebih bisa mensyukuri nikmat yang Allah SWT berikan dan bisa lebih memahami bagaimana meningkatkan kualitas diri, karena kesalehan sosial yang tinggi akan berdampak baik pada kinerja Aparatur Negara,” ujar Bayu.

Menurut Bayu menambahkan, bahwa dari 12 bulan selama satu tahun ada satu bulan yang paling istimewa yakni bulan Ramadhan. Ia minta agar kegiatan ini bisa diikuti dengan sungguh-sungguh dan bisa berlanjut di luar bulan Ramadhan. Ia juga berharap dengan diselenggarakannya pengajian rutin Ramadhan ini dapat memberikan output yang baik kepada kita semua sebagai pelayan masyarakat.

Selanjutnya, pengisi tausiyah, Achmad Fathoni menuturkan, bulan Ramadhan memberikan keistimewaan yang luar biasa dimana pintu surga dibuka dengan selebar-lebarnya. Bahkan bau surganya ini sampai ke dunia dan memotivasi seluruh umat manusia untuk berlomba-lomba meningkatkan ibadah dan kebaikan.

“Semua memiliki kesempatan untuk ibadah agar mendapatkan ampunan dan maghfiroh dari Allah SWT. Tiga keistimewaan selama Ramadhan yakni, 10 hari pertama dipenuhi dengan rahmat , lalu 10 hari kedua dipenuhi dengan ampunan untuk itu mari kita tingkatkan ibadah, bertaubat dan evaluasi diri. 10 hari ketiga yakni dibabaskan dari azab neraka,” tegas Achmad Fathoni.

Katanya menambahkan, keistimewaan lainnya di bulan Ramadhan yaitu seluruh amal ibadah dilipatgandakan. Maka untuk memaksimalkannya pertama, perbanyak ibadah yang dianjurkan dan hindari perbuatan yang mengurangi amal ibadah. Perbanyak sunah, mengakhirkan sahur, menyegerakan berbuka, dan itikaf di 10 hari terakhir Ramadhan.

“Semoga kita termasuk ke dalam empat golongan yang dirindukan surga, yakni orang yang membaca Al-qur’an, orang yang mejaga lisan, memberi makan kepada orang yang berpuasa, dan berpuasa di bulan Ramadhan. Mudah-mudahan melalui kegiatan ini kita bisa mengevaluasi diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik, dan termasuk yang mendapatkan maghfiroh dari Allah SWT, karena menggali ilmu dan kemampuan diri ini. Tidak saja dapat meningkatkan kinerja dalam melayani masyarakat, tetapi dapat memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat,” tukasnya. (Tim Komunikasi Publik/Diskominfo Kabupaten Bogor)