Buka Rakor Pengrusutamaan Gender, Burhan ingin Tahun Ini  Kabupaten Bogor Mendapat Kategori Mentor

CIBINONG – Saat ini Kabupaten Bogor sedang dalam masa penilaian Anugerah Parahita Ekapraya Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Penilaian berupa sejauh mana pelaksanaan Pengarusutamaan Gender di Kabupaten Bogor. Hal tersebut dikatakan Sekretraris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Burhanudin saat membuka Rakor Pengrusutamaan Gender (PUG) menuju Mentor dalam Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Kabupaten Bogor. Rakor berlangsung di Ruang Sebaguna I Setda Kabupaten Bogor, Rabu (7/10/2020).

“Leading sector program pengarusutamaan gender adalah DP3AP2KB, namun karena ini sifatnya yang lintas sektoral maka saya minta semua perangkat daerah dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bogor termasuk kecamatan agar turut mendukung dan berpartisipasi dalam penilaiain Anugera Parahita Ekapraya tingkat nasional,” kata Burhan.

Ia menjelaskan, kepentingan praktis gender masuk kedalam salah satu sasaran misi ke-5 RPJMD Kabupaten Bogor yaitu mewujudkan kesalehan sosial dengan salah satu sasarannya meningkatkan peran wanita dalam pembangunan. “Kabupaten Bogor tidak ada masalah dengan gender sejauh ini, ambil contoh waktu itu pernah seluruh Direktur RSUD dan Kepala Dinas Kesehatan diisi oleh perempuan, banyak juga di jajaran Kepala Bidang dan Kepala Seksie diisi oleh perempuan bahkan 30 persen kepala dinas di Pemkab Bogor diisi oleh perempuan. Pemkab Bogor juga telah mendukung upaya peningkatan kesetaraan gender dalam pembangunan melalui peraturan Bupati Nomor 14 Tahun 2017 tentang pedoman umum pelaksanaan pengarusutamaan gender dan Peraturan Bupati Nomor 78 Tahun 2017 tentang Pedoman Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG),” Jelasnya.

Lebih lanjut, Burhan berpesan agar seluruh perangkat daerah saling bekerjasama terutama untuk memenuhi kebutuhan data. “Pesan saya seluruh perangkat daerah saling bekerjasama memenuhi kebutuhan data terkait indikator penilaian Anugerah Parahita Ekapraya agar Kabupaten Bogor dapat kembali memperoleh penghargaan dengan kategori utama sebagaimana sebelumnya. Bahkan saya harap tahun ini Kabupaten Bogor dapat naik menjadi Kategori Mentor,” pungkasnya. (Derima / Ibeng / Tim Humas Diskominfo Kab. Bogor)

Buka Rakor Pengrusutamaan Gender, Burhan ingin Tahun Ini Kabupaten Bogor Mendapat Kategori Mentor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: