Dampingi Menteri Sosial di Balai Besar Rehabilitasi, Wabup Usulkan Lebih Banyak Bantuan untuk Kabupaten Bogor

CIBINONG – Didampingi Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan, Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara, mengunjungi Balai Besar Rehabilitasi Vokasional Penyandang Disabilitas (BBRVPD) di Kelurahan Karadenan, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Senin (20/1/2020).

Mensos mengatakan, kondisi balai yang memiliki fasilitas memadai dan dianggap sebagai salah satu balai rehabilitasi terbesar di Asia Tenggara, meminta agar pengelola balai lebih banyak dalam menerima penerima manfaat.

“Ini fasilitasnya memadai. Tapi saya tantang supaya disini penerima manfaatnya lebih. Kalau saat ini 100-120 sekali putaran dalam setahun. Nah, ke depan bisa jadi 300 di tahun berikutnya,” kata Mensos.

Dia berharap, disabilitas yang berlatih di BBRVPD mampu bekerja layaknya bukan penyandang dsabilitas. Karena, kata dia, dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, instansi pemerintah dan swasta wajib mempekerjakan penyandang disabilitas.

“Di instansi pemerintah, BUMN atau BUMD sedikitnya 2 persen dari seluruh total pegawai. Kalau swasta minimal 1 persen dari jumlah pegawai,” tegas Juliari.

Dia juga meminta Pemerintah Kabupaten Bogor lebih menyosialisasikan BBRVPD kepada masyarakat sekitar. “Prinsipnya balai ini manfaatnya harus terasa dan lebih dirasakan, khususnya bagi warga sekitar balai,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan menuturkan, akan banyak mengusulkan bantuan kepada Kemensos. “Hari ini saya mendampingi Pak Mensos, tadi juga saya sudah banyak berbicara ke pak menteri, bagaimana fokus bantuan yang memang kita akan usulkan kepada Kementerian Sosial ini banyak, yang pertama kita ingin ada peningkatan bantuan PKH ini lebih banyak, jika data kemiskinan bertambah 2 kali lipat yah kita usulkan juga segitu, karena ini juga arahan dari Pak Presiden kepada Pak Menteri. Bagaimana bantuan untuk Kabupaten Bogor ini berdasarkan hasil yang dilihat dan data yang memang akan kita usulkan,” tutur Iwan.

Juliari dan Iwan Setiawan juga menyempatkan diri mengunjungi Panti Sosial Bina Grahita (PSBG) Ciung Wanara, yang berada tepat di samping gedung BBRVPD. Mereka pun menyempatkan untuk bersenda gurau dan bermain dengan para penyandang disabilitas disana. (Rizki / Parman / Derima / Diskominfo Kab. Bogor)

Dampingi Menteri Sosial di Balai Besar Rehabilitasi, Wabup Usulkan Lebih Banyak Bantuan untuk Kabupaten Bogor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: