Layanan Aspirasi Online

Terwujudnya Kabupaten Bogor Termaju, Aman, Nyaman dan Berkeadaban adalah visi dari pemerintahan Kabupaten Bogor. Dalam upaya mewujudkannya, pemerintahan Kabupaten Bogor melibatkan seluruh elemen masyarakat termasuk pengusaha, akademisi, organisasi masyarakat, tokoh agama hingga masyarakat umum untuk menetapkan arah kebijakan dan program kegiatan di Kabupaten Bogor. Tersedianya Layanan Pengaduan Masyarakat merupakan salah satu wadah untuk mewujudkan visi Pemerintah Kabupaten Bogor

Pelayanan kepada masyarakat salah satunya adalah memenuhi hak bertanya masyarakat tentang penyelenggaraan pemerintahan. disamping itu juga memenuhi hak masyarakat untuk melakukan aspirasi/pengaduan tentang permasalahan yang mereka hadapi berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan.

Untuk memenuhi hal tersebut, lembaga pemerintahan dalam hal ini Pemkab Bogor menyediakan Layanan Pengaduan Masyarakat melalui LARAS (Layanan Resmi Aspirasi) Online. Sampai dengan tahun 2020, sudah terdapat 32 Perangkat Daerah, 4 Rumah Sakit Umum Daerah , 40 Kecamatan dan ditambah dengan PDAM Tirta Kahuripan serta PD Pasar Tohaga yang menyediakan unit layanan pengaduan berupa aplikasi online layanan pengaduan masyarakat.

Adapun saat ini fasilitas Pengaduan yang bisa digunakan oleh masyarakat diantaranya :

  1. Via SMS : Dengan mengirimkan SMS ke Nomor 0811 1184 399 dengan Format : teman#nama#alamat#pesan
  2. Via Web : Melalui website http://pengaduan.bogorkab.go.id dengan melakukan registrasi terlebih dahulu
  3. Via Android : Dengan cara mendownload Aplikasi LARAS Online di Playstore Laras Online dengan mendaftar terlebih dahulu
  4. Via Email : Dengan mengirim pengaduan melalui email Perangkat Daerah yang dituju
  5. Via Surat Kabar / Datang Langsung : Melalui media cetak atau datang langsung ke Kantor Pemerintahan yang dituju

Kelima sumber pengaduan tersebut nantinya akan terintegrasi dalam satu Aplikasi LARAS Online. Dinas Komunikasi dan Informatika berperan sebagai administrator yang mengelola, memonitor dan mengingatkan kepada Perangkat Daerah atau Kecamatan untuk menjawab, menanggapi dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat tersebut.

Pada Tahun 2017 Aplikasi Laras Online telah meraih penghargaan terbaik dari Kementerian Dalam Negeri pada kategori Inovasi Daerah

Dengan adanya aplikasi yang dibangun secara terintegrasi, diharapkan aspirasi masyarakat dapat direspon dengan cepat oleh SKPD atau Kecamatan.

  • Sampaikan pengaduan anda dengan baik, dan sopan
  • Pengaduan yang diadukan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim
  • Layanan ini digunakan untuk mengirimkan kritik dan saran masyarakat umum, khususnya masyarakat Kabupaten Bogor
  • Harap tidak berkata kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA dan menggunakan Fasilitas ini dengan Bijak
  • pengaduan.bogorkab.go.id akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus pengaduan tersebut