Majalah Inovasi

Majalah Inovasi merupakan sarana pelayanan informasi Pemerintah Kabupaten Bogor melalu media cetak. Tujuan dari adanya Majalah Inovasi adalah untuk memberikan berbagai macam informasi, khususnya yang terjadi di lingkup Pemerintah Kabupaten Bogor. Selain memberikan informasi tentang pemerintah Kabupaten Bogor, Majalah Inovasi memberikan berbagai macam informasi terkait kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di seluruh wilayah Kabupaten Bogor. Penerbitan Majalah Inovasi merupakan salah satu sarana strategis sebagai jembatan antara OPD, Pemerintah dan Masyarakat, agar program dan kebijakan pemerintah dapat tersebar secara luas dan merata.

Majalah Inovasi dibuat untuk mengembangkan pelayanan informasi kepada publik melaui media cetak. Isi berita dari majalah inovasi, selain berkaitan tentang berita Pemerintah Kabupaten Bogor, mengangkat juga tentang aspirasi masyarakat, kuliner, kebudayaan, dan, pariwisata, prestasi-prestasi yang diraih Kabupaten Bogor, sosok berprestasi dan pekerja yang terlupakan jasanya namun memiliki peran yang penting bagi kehidupan.

Sejarah Singkat Majalah Inovasi

Majalah Inovasi berdiri bulan Februari 2009. Awal mula berdirinya Majalah Inovasi ketika Rachmat Yasin masih menjadi ketua DPRD Kabupaten Bogor. Ketika itu muncul sebuah ide untuk mempunyai media internal pemerintah. Setelah ide itu didapat, kemudian melakukan konsolidasi dengan membuat sebuah tim, untuk menentukan visi, misi dan lain-lain. Setelah visi dan misi sudah didapat, sepakat untuk membuat sebuah media penerbitan majalah. Secara tidak langsung ketika rapat tercetus sebuah kata INOVASI. Majalah Inovasi dalam segi pemberitaan dibuat tidak hanya untuk pencitraan, tetapi untuk menggambarkan kondisi masyarakat apa adanya.

Sisi konten/isi menjadi ciri khas khusus Majalah Inovasi sebagai media pemerintah. Dalam isi konten majalah inovasi terdapat berbagai macam rubrik, diantaranya :
1. Salam inovasi
2. Dari Redaksi
3. Asmara (Aspirasi Masyarakat)
4. Laporan utama
5. Laporan khusus
6. Wawancara
7. Kolom
8. Bogor Membangun
9. Parlementaria
10. Profil
11. Saba Desa
12. Kiprah
13. Galeria Foto
14. Man / Women of the month
15. Renungan
16. Kuliner / Budaya
17. Catatan Kaki
18. Ujung Tombak

Untuk memperkuat dari sisi jurnalistik, maka redaksi mengambil kebijakan dengan merekrut tenaga-tenaga muda yang berkopenten dalam hal jurnalistik untuk melakukan peliputan dan pemberitaan. Sasaran penerbitan Majalah Inovasi selain untuk dilingkup pemerintah kabupaten bogor juga untuk elemen masyarakat kalangan dunia usaha, khususnya yang berada di kabupaten bogor. Secara garis besar Majalah Inovasi berperan dalam membangun keterbukaan informasi Pemerintah Kabupaten Bogor. Prestasi yang sudah diraih Majalah Inovasi, ditahun 2011 mendapat juara 3 sebagai media cetak pemerintah daerah yang dilangsungkan di Bali. Tahun 2012 mendapat juara 1 kategori media cetak pemerintah daerah yang dilangsungkan di Makassar.

 

Team Redaksi

Pembina : Bupati Bogor & Wakil Bupati Bogor ; Pengarah : Sekda Kabupaten Bogor ; Pemimpin Umum : H. Tb. A. Luthfi Syam ; Wakil Pemimpin Umum : Drs. H. Sony Abdussukur K Ak, M.Si. ; Pemimpin Redaksi : Drs. Erwin Suriana, M.Si. ; Redaktur Pelaksana : Dra. Betty Sugiarti. ; Sekretaris : Mimin Sumirat, SE, M.Si. ; Bendahara : Supartini ; Editor/LayOut : Dadang Iwa S.Sos ; Aries Monafrody ; H. Muharom, S.Sos, M.AP. ; Staf Redaksi : Ruth F Manulang ; Dheni Heryandi Rachman, S.Sos ; Arie Fauzi Rahman ; Derima Gema A.Md. ; Suryadi S.Kom ; Arif Sigit Permana, S.I.Kom ; Iwan Setiawan, S.E ; Susy Susana, S.S ; Kartiwa ; Didik Darmadi S.I.Kom ; Dina Nababan, S.AP, M.AP. Iklan/Marketing : Christian Mesakh, S.Sos. ; Sirkulasi : Edi Kasmara, S.E ; Asbi ; Agus Aming ; Parman. ; Fotografer : Purnama Karnadi, S.E ; Andhika S.S ; Andrey W Fitrada.

Alamat Redaksi : Dinas Komunikasi & Informasi Kabupaten Bogor Gedung Setda Lantai II Jalan Tegar Beriman-Cibinong.

Telepon : (0251) 8758605
website  : www.inovasi-online.bogorkab.go.id
e-mail   : diskominfo@bogorkab.go.id