Melalui Forum Perangkat Daerah, Diskominfo Sinergi Susun Renstra Tahun 2024-2026

CIBINONG – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bogor, gelar kegiatan Forum Perangkat Daerah untuk menyusun Rencana Strategis (Renstra) tahun 2024-2026, yang berlangsung di Aula Diskominfo Kabupaten Bogor, Jumat (28/10/22). Itu dilakukan guna mengoptimalisasi kinerja penyelenggaraan peningkatan pelayanan publik, dan layanan informasi kepada masyarakat.

Sebagaimana diketahui bahwa, pelaksanaan Forum PD penyusunan Renstra tahun 2024-2026, merupakan salah satu tahapan yang harus dilaksanakan oleh perangkat daerah untuk menginformasikan kepada seluruh pemangku kepentingan terkait lingkup kewenangan perangkat daerah, serta substansi rencana pembangunan daerah yang akan dilaksanakan oleh perangkat daerah tiga tahun kedepan selama belum dilantiknya kepala daerah definitif.

“Agar semua kalangan dapat mendukung terlaksananya kewenangan perangkat daerah meskipun belum adanya kepala definitif,” ujar Kabid TI Diskominfo, Muharom.

Lanjut Kabid TI, Forum Perangkat Daerah ini bertujuan untuk berkolaborasi dengan PD lingkup Pemkab Bogor, guna memperoleh masukan dari berbagai sumber yang bersifat partisipatif, teknokratif, politis, dan pemangku kepentingan lainnya dalam rangka mempertajam dan menyempurnakan muatan substansi dalam penyusunan Renstra Diskominfo Kabupaten Bogor tahun 2024-2026.

“Harapan kami, melalui kegiatan ini bisa menghasilkan kesepakatan bersama terutama kegiatan dan program prioritas yang perlu dilaksanakan di tiga tahun yang akan datang,” tuturnya.

Ditempat yang sama, Kabid PIKP Kabupaten Bogor, Iwan Setiawan mengatakan bahwa penyusunan Renstra tahun 2024-2026 dilakukan untuk meningkatkan tata kelola penyelenggaraan komunikasi, informatika, persandian dan statistik yang informatif dan terintegrasi.

Katanya, untuk mencapai target Indeks Keterbukaan Informasi Publik, Indeks SPBE, Persentase diseminasi informasi melalui media, persentase Layanan SPBE (Layanan Publik dan Layanan Administrasi Pemerintahan) yang telah diimplementasikan secara elektronik. Kemudian Persentase Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menggunakan data statistik dalam menyusun perencanaan dan evaluasi pembangunan daerah, dan Indeks KAMI.

“Kami berharap goals di 2024-2026 mendatang bisa terwujud seperti infrastruktur Kabupaten Bogor bebas blankspot, tersedianya jaringan layanan internet ke 32 OPD dan 40 kecamatan serta dukungan desa digital, kemudian mewujudkan tata kelola pemerintahan berbasis digital, Diskominfo sebagai wali data dan terciptanya kompetensi SDM di Bidang IT,” terang Iwan Setiawan.

Selanjutnya, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bogor, Usep Supratman menambahkan, melalui Forum Perangkat Daerah diharapkan dapat menghasilkan Rencana Strategis (Renstra) teknokratif yang optimal, terlebih dilakukan secara kolaborasi dengan PD lainnya, masyarakat, organisasi dan lainnya.
“Gali potensi-potensi, himpun berbagai masukan yang diberikan baik secara langsung maupun secara online,” imbuhnya. (Tim Komunikasi Publik/Diskominfo Kabupaten Bogor)

Melalui Forum Perangkat Daerah, Diskominfo Sinergi Susun Renstra Tahun 2024-2026

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: