Selaras Dengan Program Pancakarsa, Pemkab Bogor Dukung Program Smart City

CIBINONG – Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan bersama beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melaksanakan Penilaian Evaluasi Tahap I Implementasi Master Plan Pelaksanaan Smart City Tahun 2020. Penilaian dilakukan oleh Tim Evaluator (Assesor) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Dalam kesempatan ini, Iwan mengatakan program-program Smart City selaras dengan program Panca Karsa Pemerintah Kabupaten Bogor. “Terima kasih kepada Tim Evaluator telah menjadikan Kabupaten Bogor menjadi bagian evaluasi 100 Smart City di Indonesia pada tahun 2020. Ini menjadi motivasi sekaligus bahan evaluasi bagi kami di Kabupaten Bogor untuk terus melakukan berbagai upaya program pembangunan daerah sesuai dengan visi misi yang telah kami tetapkan. Pemkab Bogor berkomitmen dalam pencapaian dimensi-dimensi Smart City dikarenakan hal ini selaras dengan program Pancakarsa, Kata Iwan Setiawan, saat Penilaian Evaluasi Tahap 1 menuju Smart City yang dilakukan secara Virtual, Selasa (24/11/2020).

Iwan juga menambahkan, sebagai bentuk komitmen dari pimpinan dalam mendukung program Smart City telah diterbitkan Perbup. “Bentuk komitmen dari pimpinan kita dalam mendukung program Smart City dengan diterbitkan regulasi berupa Peraturan Bupati Nomor 77 Tahun 2020 tentang Masterplan Smart City dan Perubahan Atas Keputusan Bupati Nomor 485/276/KPTS/Per-UU/2018 tentang Pembentukan Dewan Smart City,” tambahnya.

Lebih lanjut, hampir semua program smart city realisasinya yang sudah berjalan sudah cukup baik. “Implementasi smart city yang didanai dari tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan-perusahaan di Kabupaten Bogor terlihat dari program pada setiap dimensi smart city dengan capaian realisasi sampai dengan tahun 2020. Smart Governance dari 16 program yang sudah terealisasi 11 program, Smart Economy dari 9 program yang sudah terealisasi 4 program, Smart Branding dari 12 program sudah terealisasi 6 program, Smart Society dari 11 program sudah terealisasi 8 program, Smart Living dari 16 program sudah terealisasi 8 program dan Smart Environment dari 12 program sudah terealisasi 9 program,” sambungnya.

Selain itu, masih menurut Wabup, Komitmen Pemerintah Kabupaten Bogor terhadap Program Smart City dengan memberikan dukungan anggaran sebesar 3,5 Triliun. “Wujud nyata komitmen Pemerintah Kabupaten Bogor lainnya dalam pembangunan smart city adalah dengan memberikan dukungan anggaran kurang lebih sebesar 3,5 Triliun atau 40,25 persen dari total APBD,” pungkasnya. (Derima / Rizki / Tim Humas Diskomimfo Kab. Bogor)

Selaras Dengan Program Pancakarsa, Pemkab Bogor Dukung Program Smart City
Tag pada:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: