Wabup Bogor: Jadikan Peringatan Hari Anak Nasional Sebagai Momentum Komitmen Pemenuhan Hak Anak

CIBINONG – Ditengah Pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) memperingati Hari Anak Nasional (HAN) Tingkat Kabupaten Bogor Tahun 2020. Acara yang dikemas secara virtual, dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan dan beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daearah (OPD). Peringatan Hari Anak Nasional Tahun ini dipusatkan di Aula Kantor DP3AP2KB Kabupaten Bogor, Kamis (23/7/2020).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengatakan peringatan HAN tahun ini sebagai momentum untuk meneguhkan komitmen kita semua dalam pemenuhan hak terhadap anak. “Saya ucapkan Selamat Hari Anak Nasional kepada seluruh anak-anak di Kabupaten Bogor. Peringatan HAN tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena kita masih dalam suasana Pandemi Covid-19, tapi ini semua merupakan momentum untuk meneguhkan komitmen kita semua dalam mengupayakan pemenuhan hak-hak anak, tumbuh kembang anak, berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi,” kata Iwan.

Iwan juga menambahakan, kepedulian dan komitmen terhadap pemenuhan hak anak ini menjadi sangat penting karena anak-anak terdampak langsung akibat Pandemi Covid-19. “Saya rasa kepedulian dan komitmen terhadap pemenuhan hak anak ini menjadi krusial terutama karena anak-anak terdampak secara langsung akibat Pandemi Covid-19, termasuk didalamnya system Pendidikan, layanan perlindungan anak, kehidupan ekonomi keluarga, hingga perubahan interaksi sosial dalam masyarakat tempat mereka bertumbuh,” tambahnya.

Lebih lanjut Iwan menegaskan, perayaan seperti ini jangan hanya sifatnya seremonial saja, tapi kita benar-benar fokus untuk memberika yang terbaik bagi anak-anak kita kedepannya. “Anak-anak ini merupakan kebanggaan kita semua, para penerus cita-cita perjuangan dan masa depan bangsa, oleh sebab itu selakyaknya kita harus memberikan perhatian khusus bagi perkembangan anak-anak di Kabupaten Bogor kedepannya. Tema HAN tahun ini sangat baik, Anak Terlindungi, Indonesia Maju. Tapi jangan sampai tema yang bagus itu hanya sekedar pemanis, tapi tidak ada tindakan nyata dari kita semua,” pungkasnya.

Ditempat yang sama Kepala DP3AP2KB Kabupaten Bogor, Nurhayati mengatakan, pada kegiatan kali ini pihaknya menggelar sesuai dengan keputusan Presiden No 44 tentang kegiatan hari anak dengan sederhana.

“Karena situasinya sedang Pandemi Covid-19, tetap kita juga melakukan protokol kesehatan. Kita juga kerjasama dengan dinas intansi berkaitan anak,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, Dalam waktu dekat DP3AP2KB Kabupaten Bogor akan menggelar rapid tes secara massal di sekolah dan kepada para guru. “Dalam waktu dekat ini kita bekerjasama dengan Dinkes Kabupaten Bogor akan lakukan rapid test di sekolah, tapi kita juga menyesuaikan, nanti dilaksanakannya mungkin, sehubung anaknya belum masuk jadi prioritas guru yang mengajar dulu dalam waktu dekat ini,” pungkasnya.

Secara simbolis, Wakil Bupati Bogor memberikan bantuan 1000 masker dan 50 kaos untuk SMPN 2 Cibinong. Bantuan lain yang diberikan pada peingatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2020 berupa 631 Akte Kelahiran, 1003 KIA, 50 Paket Sembako dan 20 Alat Bantu Disabilitas. (Derima / Parman / Diskominfo Kab. Bogor)

Wabup Bogor: Jadikan Peringatan Hari Anak Nasional Sebagai Momentum Komitmen Pemenuhan Hak Anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: